Persiapan Sebelum Membuat Website

Membuat website itu ada seni dan ilmunya. Ya, itu alasan mengapa ada penyedia jasa pembuatan website. Tidak semua orang tahu bagaimana cara membuat website profesional, modern, dan sesuai kaidah google.

Untuk perusahaan besar biasanya ada seorang atau beberapa web developer yang dibayar tiap bulan untuk membuat dan merawat website perusahaan mereka.

Biayanya tentu mahal, tapi untuk perusahaan kecil atau umkm jangan berkecil hati, karena banyak penyedia jasa pembuatan website, salah satunya IDWebSolutions – Jasa Pembuatan Website No #1 Indonesia.

Sebelum memutuskan untuk membuat website bagi perusahaan atau usaha anda, simak langkah-langkah atau persiapan apa saja yang harus diutamakan sebelum website anda go online.

1. Menentukan Tujuan

Website itu bisa dibangun menyesuaikan kebutuhan dan keperluan Anda. Bisa untuk branding, promosi, mendatangkan customer/klien, sebagai sarana komunikasi, atau sebagai toko virtual yang dapat melayani pembeli, dan lain-lain.

Apapun tujuan anda membuat website, sebaiknya jabarkan kepada web developer atau penyedia jasa sesuai keinginan Anda. Dengan begitu web developer dan web designer bisa memahami fitur apa saja yang harus ada, dan bagaimana design web tersebut ditampilkan.

2. Materi Dan Konten

Setelah anda merumuskan tujuan anda membuat website kepada web developer atau penyedia jasa, selanjutkan persiapkan materi dan konten apa saja yang akan ditampilkan pada situs web anda nanti.

Ini bisa beruba tulisan, gambar, produk, portfolio atau hal lain yang ingin anda tampilkan pasa situs web anda.

3. Nama Domain

Pikirkan nama domain yang mewakili usaha anda, bisa berupa nama brand, nama perusahaan, atau berupa katakunci dari usaha yang anda jalankan.

4. Budget

Siapkan budget untuk pembayaran jasa web developer, domain, dan hosting. Besaran nilai budget tergantung kebutuhan web dan hal lain yang berkenaan dengan design, kapasitas hosting, dan fitur apa saja yang ada pada website anda nantinya.

Untuk itu anda konsultasikan kembali dengan web developer dan penyedia jasa. Sebagai referensi harga pembuatan website bisa lihat di sini Harga Pembuatan Website.

5. Tetap Terhubung Dengan Web Developer

Tidak kalah penting dari 4 point di atas adalah adanya komunikasi yang baik dua arah dari anda dan penyedia jasa pembuatan website yang anda pilih.

Komunikasi yang baik dari anda, akan membantu proses pengerjaan sesuai deadline dan harapan.

6. Go Online

Jika semua persiapan sudah siap, anda tinggal menunggu website anda go online dan ditemukan di google.

Itulah beberapa persiapan yang anda bisa siapkan sebelum membuat website dari penyedia jasa pembuatan website dan web developer pilihan Anda.

Langkah selanjutnya adalah perawatan dan pengelolaan. Bagi anda yang tidak mengerti atau tidak punya karyawan IT tetap. Anda bisa menggunakan jasa kami. Layanan kami sudah mencakup pembuatan, design, perawatan, dan pengelolaan.

Semoga tulisan ini dapat menjadi gambaran untuk anda yang hendak membuat website.